Kamis, 25 Juni 2009

Tutorial Update Offline Eset Smart Security

[caption id="attachment_838" align="alignleft" width="130" caption="ess4_home_box"]ess4_home_box[/caption]

Karena banyaknya pertanyaan mengenai bagaimana cara update offline Eset Smart Security, maka dengan ini saya coba jawab sesuai dengan pengalaman yang saya dapatkan dari memakai ESS selama ini.

Sebenarnya inti dari cara update offline eset ini adalah mengganti alamat server update yang biasanya secara otomatis konek ke server eset menjadi alamat / path dimana file update offline yang sudah kita download dan kita taruh di HDD / UFD.

Perlu juga Sobat Dreamers ketahui bahwa pada tutorial di bawah ini juga ditampilkan - - - kelihatan dari gambar ilustrasi - - - bahwa saya tidak memakai Username dan Password. Sehingga hal ini juga menjawab pertanyaan beberapa Sobat Dreamers yang menanyakan masalah Username dan Password. Karena memang Username dan Password hanya digunakan ketika setting update kita Automatically konek ke server eset, jadi kalo kita pake mirror server / update offline, tentu gak perlu.


Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik kanan ikon tray yang ada pada pojok kanan bawah desktop dan klik Advanced setup..., lalu muncul window / jendela seperti dibawah ini :

    [caption id="attachment_839" align="aligncenter" width="529" caption="Advanced Setup"]Advanced Setup[/caption]

  2. Kemudian klik Update sehingga muncul jendela seperti di bawah ini :

    [caption id="attachment_842" align="aligncenter" width="536" caption="Advanced Setup step 2"]Advanced Setup step 2[/caption]

  3. Buka windows explorer dan cari file update offline Anda, sebagai contoh seperti gambar di bawah:

    [caption id="attachment_843" align="aligncenter" width="539" caption="Advanced Setup step 3-01"]Advanced Setup step 3-01[/caption]

  4. Kemudian tulis alamat file update Anda, sebagai contoh seperti gambar di atas alamatnya adalah : G:0-UPDATE ESET\18juni09

  5. Kembali ke jendela Eset. Seperti pada gambar step 2 di atas, klik Edit... sehingga muncul jendela seperti di bawah ini :

    [caption id="attachment_844" align="aligncenter" width="449" caption="Advanced Setup step 3"]Advanced Setup step 3[/caption]

  6. Tulis alamat tadi seperti gambar di atas lalu klik Add lalu OK.

  7. Proses penggantian alamat server selesai dan Anda bisa update dengan meng-klik update pada jendela utama dan klik Update database virus signature.


Selesai dan semoga bermanfaat.

15 komentar:

  1. saya sudah memakai eset smart security ini,, tapi setiap kali koneksi internet melalui modem,, saya tidak bisa membuka beberapa situs seperti yahoo,, google,, youtube dll.
    namun bila saya disable firewall dari eset tsb,, maka halaman2 tersebut bisa diakses kembali.
    ada yang bisa bantu saya menyeselaikan masalah ini?
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Waduh, saya gak pernah ngalamin hal seperti itu. Mungkin pernah ada yg ngotak atik setting firewall ya? Atau mungkin ---langkah terakhir--- diinstall ulang esetnya?
    Untuk teman2 bisa kasih masukan buat she....

    BalasHapus
  3. saya juga sering menggunakan eset dengan update offline,tpi sekarang alamat mirronya kok untuk updatenya juga lama ya mas?

    BalasHapus
  4. waduh mas boro2 ngutak-ngatik ngerti juga ngga :D
    klo mau install ulang bisa tolong kasih linknya ga mas..
    makasi sebelumnya.. :D

    BalasHapus
  5. Coba ambil dari link disini

    BalasHapus
  6. caranya buka personal firewall,switch to interactive filtering mode, restart kmptr,coba lagi buka firefox, ie,dsd,klo muncul popup(pemberitahuan) centangin allow,dan centangin jg yg diatas allow klo ga salah remember bla bla bla...., jadi otomatis firewall akan memperbolehkan firefox dsb untuk mengakses data keluar dan masuk,semoga bermanfaat,klo msh blm bisa,bisa pake cara lebih detail dengan mengklik configure rules and zone,cari lambang firefox,pastikan harus di allow...

    BalasHapus
  7. Wah mantap, makasih atas info dan kebaikannya Mas Ervan....

    BalasHapus
  8. mas klo pengen nyetting biar nod otomatis update ke internet magaimana? makasih mas..:)

    BalasHapus
  9. Kalo ori pake automatic aja mas pada settingan update, kalo gak ori, jg coba2, DL dr sini aja Ok...

    BalasHapus
  10. kakak, punyaku ga bisa diupdate kyk gt napa yah?
    aku lupa carane seh :P
    seingatku dolo aku pke cara yg hampir sama kyk gt, setelah step ke 6 advance setupnya ada yang diganti.,., eia, ada backup update ga? soalle klo ganti username khan update yg lalu hilang juga jadi klo ga dibackup mesti DL lagi donk.,.,.

    BalasHapus
  11. wah ini bermanfaat banget mas
    makasiiiii

    BalasHapus
  12. Bro, pas mw di ekstrak minta password..

    Klo pake rar ga bisa update ... gmn donk ?

    passwordnya apa ???

    BalasHapus
  13. Oke, terima kasih atas tutorialnya. Ini sangat membantu atas pertanyaanku.

    BalasHapus